PDF
Print
E-mail
Mencegah Lebih Baik Dari Pada Mengobati

Mengutip pepatah yang mengatakan ”Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati” sepertinya berlaku juga dalam merawat hewan ternak. Bagaimana tidak karena biasanya hewan ternak mengalami sakit bermula dari perlakuan kita terhadap hewan ternak, mungkin karena hal-hal kecil yang jarang kita pedulikan seperti pengontrolan kurang rutin dan jarang memeriksa kesehatan hewan.

Bukankah menyenangkan jika memiliki hewan ternak yang sehat dan gemuk, sehat bukan berarti di dalam tubuhnya tidak ada penyakit, namun pertahanan tubuh mampu menetralisir penyakit tersebut sehingga tidak menunjukkan gejala penyakit. Apalagi hewan ternak akan berproduksi optimal apabila kondisi tubuhnya dalam keadaan sehat. Untuk mencapai kondisi itu biasanya dilakukan dua langkah yaitu pencegahan (preventif) dan pengobatan (kuratif). Pencegahan biasanya dilakukan secara rutin, bisa sebulan sekali, tiga bulan sekali atau pada waktu tertentu untuk menghindari penularan penyakit baik yang bersifat horizontal (antar hewan) maupun bersifat vertikal (dari induk ke anak).

Namun, jika terlanjur hewan ternak Anda sakit maka perlu dilakukan pengobatan. Pengobatan bisa bersifat rutin pada kasus-kasus yang memerlukan penanganan dalam waktu yang lama dan pengobatan insidentil dilakukan untuk kasus-kasus khusus yang jarang terjadi tetapi sangat fatal.

Seperti Iwa, peternak domba Garut asal Pondok Betung, Jakarta Selatan,  datang ke Kantor Kampoeng Ternak untuk membeli obat ternak jenis Kalbazen (obat cacing), Selasa (24/01/). Menurutnya, 10 ekor domba Garut yang sedang dipeliharanya mengalami sakit cacingan. “Karena itu, saya beli obat cacing di Kampoeng Ternak, sekaligus diskusi masalah pemeliharan hewan ternak,” ujar pensiunan perusahaan swasta ini.

Saat ini, Kampoeng Ternak menyediakan berbagai macam obat ternak untuk mencegah jenis-jenis penyakit yang sering menyerang hewan ternak. Jenis obat ternak yang tersedia di Kantor Kampoeng Ternak antara lain obat cacing, antibiotik, alat suntik, multivitamin, kalsium, anti ektoparasit, obat kembung, dan tester kehamilan.

Obat yang paling sering dicari para peternak antara seperti obat cacing, antibiotik, vitamin, dan obat kulit. Kebanyakan pembeli datang langsung ke kantor. Namun ada juga yang memesan melalui telepon. Kalau pesan melalui telepon kita langsung antar obat ke rumahnya. [cip]


Sedekah Ternak untuk menanggulangi kemiskinan

Akikah sepanjang usia

Anda ingin jadi peternak sukses?

Comments (1)

Subscribe to this comment's feed
Mohon Informasi
0
Dimana kalau di Jakarta saya bisa dapatkan obat cacing dan tester kehamilan domba, dan apakah bisa dapat bantuan dari dinas peternakan?
Yudhi , February 23, 2013

Write comment

smaller | bigger

busy
 

Quick Contact

Nama Lengkap
Please type your full name.
No. HP
Please type your full name.
E-mail
Invalid email address.
Alamat
Invalid Input
Pesan
Invalid Input