PDF
Print
E-mail
Peternakan Terpadu Yayasan Pesantren Pertanian Darul Fallah

Aset usaha peternakan antara lain kandang (sapi perah, sapi penggemukan, domba, kambing perah) seluas 10.000m2, lapangan rumput seluas 3 Ha lebih, unit pengolahan hasil susu, pembuatan pupuk bokasi dan intalasi biogas serta kolam ikan. Program unit usaha peternakan antara lain pengembangan jumlah dan kualitas ternak, diversifikasi usaha, pengelolaan produksi spesifik dari hulu sampai hilir seperti mendirikan pusat pelatihan bisnis peternakan, pembangunan pabrik pakan ternak dengan kapasitas produksi 100 ton/hari. Pengolahan hasil peternakan seperti susu pasturisasi (kambing dan sapi) dan yogurt dari susu sapi.

Lingkup dan fungsi Unit Peternakan antara lain : Peternakan Sapi Perah untuk produksi Susu Sapi Murni, Penggemukan Domba Jantan untuk Iedul Qurban dan Aqiqah, Peternakan Kambing PE untuk produksi Susu Kambing Murni, Produksi biogas untuk lingkungan peternakan, Pompa hidram untuk memenuhi kebutuhan air di kandang, Perkebunan Hijauan Makanan Ternak (HMT), Pabrik pakan ternak untuk pakan kebutuhan penggemukan ternak, Sarana Pendidikan Santri dalam Pelajaran dan Praktek Peternakan.

Produksi susu sapi murni dengan pola pemasaran : (i) distribusi langsung ke konsumen dengan cara langganan atau kontan, (ii) penjualan ke KPS dan (iii) distribusi langsung ke industri kecil pengolah susu. Sistem pembayaran dengan cara kontan dan bayar bulanan. Harga susu bervariasi yaitu (i) Rp 4000,- jika dijual langsung ke konsumen, (ii) Rp 2500,- per liter jika dijual ke industri kecil dan (iii) Rp 1800,- jika dijual ke KPS. Produktifitas rata-rata 9 liter per sapi per hari, atau total 80 – 120 liter susu per hari.Peluang pasar baru yaitu (i) penjualan susu pasteurisasi dan (ii) penjualan produk olahan susu menjadi Yoghurt (peningkatan nilai tambah), pudding, dll (iii) jual beli anak sapi perah. Sasaran pasar adalah Jakarta, Bogor dan sekitarnya.

Produksi susu kambing murni dengan pola pemasaran yaitu : distribusi langsung ke konsumen tidak tetap atau tetap. Sistem pembayaran dengan cara kontan. Harga susu kambing yaitu Rp 12.000,- harga langsung konsumen wilayah Bogor, sedangkan wilayah Jakarta bervariasi antara Rp 15.000 hingga Rp 20.000,- per liter. Karena masih terbatasnya jumlah kambing laktasi maka produktifitas total adalah 10 liter per hari. Peluang pasar baru yaitu : (i) penjualan susu kambing pasteurisasi dan (ii) penjualan produk olahan susu kambing menjadi Yoghurt (iii) jual beli bakalan kambing PE.

Penggemukan domba selama 100 hari : Pada hari raya kurban dijual untuk melayani masyarakat lingkar pesantren dan wilayah Bogor Jakarta, sedangkan di luar hari raya kurban, pemasaran langsung di pasar atau permintaan katering dan akikah. Sistem pembayaran dengan cara kontan. Peluang pasar baru yaitu (i) penjualan domba reguler (ii) peningkatan kapasitas kandang untuk melayani kebutuhan hari raya kurban, (iii) penjualan bakalan domba. Sasaran pasar baru adalah Jakarta, Bogor dan Banten.

Comments (2)

Subscribe to this comment's feed
Tingkatkan hasil Produksi Ternak
0
METHODE PRAKTIS PENGGEMUKAN KAMBING GIBAS.
PT HCS memberikan methode praktis melalui pelatihan GRATIS untuk penggemukan kambing gibas. Sudah banyak yang telah membuktikannya dan hasilnya memuaskan. Bukti di lapangan setelah mengikuti petunjuknya, penambahan berat badan rata-rata 2.5 kg - 3.2 kg per minggu. Ternak kambing dari berat 18 kg - 20 kg dalam waktu 3 bulan (siap jual) berat badannya bisa bertambah 30 kg s/d 39 kg. Luar biasa. Selengkapnya kunjungi http://hcssukses.blogspot.com/p/peternakan.html
Abu Niam , December 26, 2011
ibu rumah tangga
0
saya ibu rumah tangga yg sdg mencoba menjadi petani jagung ditanah seluas 1.7 H dalam waktu dekat akan panen, sy dengar limbah jagung bs digunakan unk pakan ternak sapi dan kambing jika tdk bekeberan sy mau menjualnya dan jg mau blajar bertenak kambing gibas... terima kasih
vera ambarwati , July 10, 2013

Write comment

smaller | bigger

busy
 

Quick Contact

Nama Lengkap
Please type your full name.
No. HP
Please type your full name.
E-mail
Invalid email address.
Alamat
Invalid Input
Pesan
Invalid Input